Menikmati Proses



Jurusan Pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan; menjadi tempat saya menjalani studi strata-1 saya yang insyaallah sedikit lagi saya harus mengakhiri menjalani studi disini, namun ijazah takkan mengakhiri proses pembelajaran.

Saya tidak pernah membayangkan bila ruangan-ruangan jurusan ini, mahasiswa - dosen dan setiap jengkal sudut kampus ini menjadi salah satu bagian artefak kehidupan saya.

Sebelumnya saya tidak pernah membayangkan untuk menyandang gelar mahasiswa di kampus ini. Bahkan saya juga sempat tidak pernah menyangka-- menjadi seorang yang menyandang gelar sebagai mahasiswa, karena saya ingat betul, kala itu kondisi perekonomian keluarga sangat tidak memungkinkan untuk saya melanjutkan pendidikan. Bahkan hujatan, celaan orang menjadi tamparan yang datang silih berganti. Bak tersambar petir di siang hari, seakan menjadi isyarat penyadaran diri.

Tapi saya sangat bersyukur memiliki kedua orang tua yang senantiasa mendukung, mendoakan dan mengusahakan untuk  saya terus dapat melanjutkan jenjang pendidikan saya. Karenanya saya sangat bersyukur, dan tidak menyia-nyiakan kepercayaan dan kesempatan yang hadir.

Perlahan perekonomian keluarga semakin membaik dan saya pun dapat membuktikan kepercayaan dan kesempatan itu satu persatu Lewat karya dan prestasi. Perlahan juga turut menghancurkan stigma negatif orang yang (pernah) meremehkan saya dan keluarga, saya tidak pernah marah apalagi mendendam dengan mereka. Malah saya sangat berterima kasih, karena Nya membuat motivasi saya kian bertambah.

Di jurusan dan kampus ini, bukan hanya sekedar menjadi tempat saya menjalani studi.Tapi disini menjadi tempat motivasi saya terpaku, semangat saya berpacu, serta harapan-harapan saya terus terpatri. Disini juga menjadi tempat saya belajar banyak hal, mulai dari menghidupkan mimpi-mimpi saya kembali sekaligus mewujudkan Nya satu persatu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TUGAS MINI RISET PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

BISNIS BERGARANSI 100% MAMA PARFUME INDONESIA