Percaya Proses



Sejak saya berkuliah, saya  mulai mengenal organisasi mahasiswa, kemudian memilih aktif  di salahsatunya. Karena Nya telah turut andil dalam merekonstruksi pola pikir dan pola laku saya-- selain dari ruang-ruang kuliah.

Dari situ saya belajar banyak hal, mulai dari cara berkomunikasi, berdiplomasi dan menjadi sarana memperluas relasi. Selain dari situ, saya juga belajar banyak hal dari beliau. Bagi saya, beliau menjadi salah satu orang dibalik kesuksesan akademik saya di jurusan ini, Bukan karena beliau sebagai Ketua Jurusan ya hehe..

Tapi memang, hampir setiap kali ada kesempatan--beliau pasti menyempatkan diri untuk  berdiskusi, mengajak merawat kejernihan dalam berpikir, dan yang paling penting senantiasa tak putus memberikan motivasi dan nasihat-nasihat kepada saya dan kawan-kawan lainnya.

Dibeberapa kesempatan, kami juga sering memiliki ikatan kerjasama. Karena saya sering meminta beliau menjadi dosen pembimbing saya untuk mengikuti lomba karya tulis atau proposal penelitian Student Grant/proposal PKM, terakhir--kami menyelesaikan 2 judul  proposal penelitian Student Grant yang dibiayai sekaligus. Bahkan bukan sebuah kebetulan, beliau juga sebagai dosen pembimbing skripsi saya.

Saya ingat betul, di suatu kesempatan beliau pernah bertanya kepada saya "Yan tahu  apa yang membedakan kita dengan orang lain?" Saya tanya balik "apa pak?" "Karya, karyalah yang membedakan kita dengan orang lain, ketika kita memiliki karya, disitulah yang membedakan kita dengan orang lain ". Kalimat itu seakan menjadi salah satu pelecut semangat saya untuk terus berkarya, dan di akhir perkuliahan ini saya hadiahkan salahsatu karya saya untuk beliau. 

Tuhan itu maha baik, telah mempertemukan saya dengan orang-orang yang baik. Tuhanlah pemilik seisi kehidupan dan pembuat skenario yang terbaik. Saya percaya tuhan itu bekerja, dan semuanya yang telah berlalu; pasti ada campur tangan Nya. Terimakasih pak Arief Wahyudi atas bimbingannya selama ini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TUGAS MINI RISET PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

BISNIS BERGARANSI 100% MAMA PARFUME INDONESIA

Menikmati Proses